Macam-macam Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

Freshmag Official –¬† Macam-macam Kerusakan TV LED Polytron Cinemax. Televisi LED telah menjadi salah satu perangkat elektronik yang paling umum digunakan di rumah-rumah modern.

Namun, seperti halnya semua perangkat elektronik, televisi LED juga rentan mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah kerusakan pada TV LED Polytron Cinemax.

Sebagai salah satu merek yang populer di pasaran, TV LED Polytron Cinemax memiliki kecanggihan teknologi yang dapat menghadirkan hiburan berkualitas tinggi bagi pemirsa. Namun, ketika terjadi kerusakan, pemilik TV ini seringkali bingung mengenai penyebab dan solusinya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kerusakan TV LED Polytron Cinemax serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengenai TV Polytron

Kerusakan TV LED Polytron Cinemax
Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

Berlokasi di Kudus, Jawa Tengah, pada tanggal 18 September 1975, Polytron merupakan perusahaan elektronik asal Indonesia yang pada awalnya dikenal dengan nama PT Indonesian Electronic & Engineering.

Namun, tepat setahun setelahnya, yaitu pada tanggal 18 September 1976, perusahaan ini mengganti namanya menjadi PT Hartono Istana Electronic.

Sejak tahun 2000, PT Hartono Istana Electronic memilih untuk melakukan merger dengan perusahaan lain, mengalami transformasi menjadi PT Hartono Istana Teknologi.

Sejak saat itu, perusahaan ini memutuskan untuk mengenalkan Polytron sebagai merek tunggalnya, serta memperluas lini produknya yang awalnya hanya mencakup televisi dan audio.

Produk elektronik yang diproduksi oleh Polytron sangatlah beragam, mulai dari speaker, televisi, lemari es (mulai dari akhir 2000), mesin cuci (sejak tahun 2010), AC (sejak awal 2000), ponsel pintar (dimulai pada tahun 2011), hingga berbagai produk lainnya.

Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

Berikut merupakan sejumlah kerusakan TV LED Polytron Cinemax yang sering dialami oleh pengguna televisi Polytron, baik tipe LCD maupun LED:

1. Gambar Tidak Ada Suara Normal

Namun Tanpa Suara Salah satu masalah yang sering dihadapi pada TV Polytron adalah ketika gambar tetap muncul namun tanpa suara yang menyertainya.

Ketika diperiksa dalam kondisi gelap, layar TV akan menampilkan gambar yang normal namun tidak ada suara yang keluar. Kemungkinan besar, masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada komponen T con.

Setelah dilakukan pengukuran, ternyata sekring atau fuse masih dalam kondisi baik. Namun, saat dilakukan pengukuran antara sekring dan jalur PCB menggunakan AVO meter, tidak ada nilai yang terbaca.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ditemukan bahwa banyak resistor pada komponen T con yang memiliki solderan tipis dan berwarna hitam.

Langkah berikutnya dalam menyelesaikan masalah ini adalah dengan melakukan proses penyolderan ulang. Setelah proses tersebut selesai dan dilakukan pengukuran tegangan sekring kembali, ternyata tegangan pada sekring dan Vgh kembali normal.

Saat TV dinyalakan kembali, logo Polytron muncul di layar dan gambar pun kembali ditampilkan seperti biasanya.

2. Gambar Bergoyang di Polytron Cinemax

Keluhan: Tampilan Gambar Bergoyang pada Layar Setelah melakukan pengecekan dan pengukuran tegangan, serta inspeksi fisik komponen, semuanya terlihat normal.

Namun, keluhan mengenai tampilan gambar yang sering bergoyang membuat kita curiga bahwa masalahnya mungkin terletak pada panel LCD. Pada pemeriksaan lebih lanjut, ternyata ditemukan kerusakan pada sirkuit row driver panel LCD.

Panel LCD memiliki dua jalur sirkuit row driver, yakni di bagian kiri dan kanan. Sebagai solusi, kita dapat memutus salah satu jalur, baik yang di kiri maupun kanan.

Untuk melakukannya, langkah pertama adalah menemukan jalur CKV2 dan CKVB2, lalu memotong kedua jalur tersebut.

3. Protek

Permasalahan: Ketika TV Polytron dinyalakan, lampu power berkedip-kedip dan kemudian berubah menjadi mode standby. Hal ini terjadi setelah TV mati secara tiba-tiba akibat petir. Dari indikasi ini, diperkirakan masalahnya terletak pada bagian Main Unit atau blok utama.

Perbaikan: Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan flash pada BIOS. Namun, tentu saja langkah ini harus disesuaikan dengan model TV yang dimiliki.

4. Mati Total

Kerusakan: TV Polytron mengalami mati total, ditandai dengan lampu indikator berwarna merah yang menyala, tetapi saat tombol power ditekan, lampu indikator malah padam dan televisi tidak menyala.

Perbaikan: Langkah awal adalah membuka casing televisi untuk melakukan pemeriksaan. Setelah casing dibuka, terlihat beberapa komponen yang terbakar, seperti resistor, dioda, dan FET yang terletak di blok inverter.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki kerusakan ini. Salah satunya adalah dengan mengganti seluruh blok inverter. Alternatif lainnya adalah mencoba trik lain, seperti melepas jumper J529 dari PCB, terutama jika regulator utama tidak terbakar.

Komponen yang terbakar, seperti FET dan IC511, juga harus dilepas. Setelah semua langkah ini dilakukan, coba nyalakan televisi kembali. Seharusnya televisi akan kembali normal setelah proses ini dilakukan.

5. Kerusakan TV LED Polytron Cinemax Susah Start

Kerusakan: Saat TV Polytron dihidupkan, LCD hanya mampu menyala sejenak sebelum kembali ke mode standby.

Perbaikan: Langkah pertama dalam kerusakan TV LED Polytron Cinemax susah start adalah melakukan inspeksi pada rangkaian power supply, terutama pada bagian output tegangan yang seharusnya mencapai 5 volt.

Setelah dilakukan pengukuran, ternyata tegangan tersebut menurun dan tidak stabil, yang menyebabkan LCD gagal melakukan start-up dengan baik.

Penyusutan tegangan ini kemungkinan besar disebabkan oleh kerusakan pada fungsi filter, yakni kapasitor yang mengalami perubahan kapasitas.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu mengganti komponen tersebut dengan kapasitor baru yang memiliki nilai yang sama. Untuk tegangan 5 volt, nilai kapasitor yang sesuai adalah 1000 uf / 35 volt.

6. Gambar Muncul Sebentar Suara Ada

Kerusakan: Ketika TV Polytron dinyalakan, gambar muncul hingga logo Polytron terlihat, namun kemudian tiba-tiba menghilang. Meskipun begitu, suara masih tetap terdengar.

Perbaikan: Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan pemeriksaan pada lampu latar atau backlight. Jika ditemukan masalah pada lampu backlight, segera gantilah lampu tersebut.

7. Suara Ada Gambar Tidak Ada

Kerusakan: Televisi mengalami masalah di mana gambar tidak muncul, tetapi suara tetap beroperasi normal.

Perbaikan: Langkah awal dalam memperbaiki masalah ini adalah dengan memeriksa tegangan lampu LED. Jika tegangannya normal, langkah selanjutnya adalah membuka panel LED untuk memeriksa apakah ada masalah lain yang membuat lampu tidak berfungsi.

Setelah pemeriksaan dilakukan, ternyata ditemukan bahwa salah satu lampu LED mengalami putus atau mati. Oleh karena itu, solusi yang diberikan adalah dengan mengganti lampu LED yang rusak, sehingga televisi dapat kembali beroperasi normal.

8. Tidak Ada Siaran

Langkah pertama adalah memeriksa bagian tuner, dan jika tidak ditemukan masalah pada tuner, lanjutkan pemeriksaan pada komponen yang berada di sekitar tuner.

Setelah pemeriksaan dilakukan, ternyata ditemukan bahwa kerusakan terjadi pada IC IF. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan penggantian pada komponen tersebut.

9. Tidak Mau Nyala

Kerusakan: Permasalahan terjadi saat televisi dinyalakan untuk pertama kalinya, asap keluar dari bagian belakangnya, dan kemudian televisi mati. Meskipun demikian, lampu indikator tetap menyala.

Perbaikan: Langkah awal dalam proses perbaikan adalah membuka casing televisi dan memeriksa papan sirkuit power supply. Setelah dilakukan pemeriksaan, terungkap bahwa elco filter DC 300 volt mengalami kerusakan, ditandai dengan ciri fisik seperti plastik yang robek dan adanya cairan pada kaki-kakinya.

Solusi yang tepat adalah mengganti elco filter tersebut dengan yang baru. Jika setelah penggantian ini televisi masih tidak dapat menyala (masih dalam keadaan standby), langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bagian logicboard.

Tips Agar TV LED Awet

Setelah mengetahui macam-macam kerusakan TV LED Polytron Cinemax dan cara mengatasinya, berikut adalah tips untuk menjaga TV LED agar lebih awet dan tahan lama:

  • Gunakan penstabil tegangan.
    Pastikan untuk menggunakan penstabil tegangan guna menjaga komponen TV tetap awet. Tegangan listrik yang tidak stabil, seperti naik dan turun secara tiba-tiba, dapat merusak komponen pada televisi.
  • Jauhkan TV dari magnet.
    Disarankan untuk menjauhkan TV dari perangkat yang memiliki medan magnet atau elektromagnetik, seperti obeng, kompas, dan lainnya. Magnet dapat memengaruhi gambar pada layar televisi dan menyebabkan kerusakan.
  • Matikan TV jika tidak digunakan.
    Lebih baik mematikan televisi dan mencabut kabelnya ketika tidak digunakan, terutama saat cuaca buruk dan petir. Hal ini dapat memperpanjang umur pakai TV dan menjaga komponennya tetap aman.
  • Tempatkan televisi di suhu ruangan.
    Penempatan TV di lokasi dengan suhu yang stabil penting untuk mencegah kerusakan. Hindari menempatkan TV di tempat yang terlalu panas, dekat dengan kompor misalnya, karena suhu tinggi dapat merusak komponen. Begitu juga dengan suhu yang terlalu dingin.
  • Bersihkan layar TV secara berkala.
    Membersihkan layar TV secara berkala sangat penting untuk menjaga kualitas gambar. Pastikan pembersihan dilakukan dengan lembut dan hindari menggunakan cairan pembersih yang keras. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian belakang TV dari debu.
  • Atur kecerahan dan kontras dengan sewajarnya.
    Atur kecerahan dan kontras pada TV sesuai kebutuhan agar tidak terlalu terang yang dapat memperpendek umur komponen. Pastikan settingan tersebut sesuai agar TV dapat bekerja dengan baik tanpa beban berlebih.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperpanjang umur pakai TV LED Anda dan menjaga kualitasnya agar tetap baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Penutup

Demikianlah pembahasan freshmagofficial.co.id mengenai macam-macam kerusakan TV LED Polytron Cinemax dan cara untuk mengatasinya.

Kerusakan TV LED Polytron Cinemax dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah pada komponen internal hingga kondisi lingkungan sekitar.

Penting bagi pemilik TV untuk memahami penyebab kerusakan TV LED Polytron Cinemax dan langkah-langkah perbaikan yang tepat guna menjaga kualitas dan umur pakai perangkat mereka.

Dengan melakukan perawatan yang rutin dan memperhatikan tips-tips untuk menjaga keawetan TV LED, diharapkan dapat meminimalkan risiko kerusakan dan memperpanjang masa pakai TV Polytron Cinemax.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang menghadapi masalah serupa dan dapat menjadi panduan yang berguna dalam merawat dan memperbaiki kerusakan TV LED Polytron Cinemax Anda.

Leave a Comment