Cara Pasang Gacun di TV LED- 3, 4, 5 Kabel

Freshmag Official – Cara Pasang Gacun di TV LED- 3, 4, 5 Kabel. Dalam era di mana pengalaman menonton televisi semakin menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, kualitas audio menjadi faktor yang tak bisa diabaikan.

Untuk meningkatkan pengalaman menonton kalian dari biasa menjadi luar biasa, memasang gacun atau soundbar di TV LED kalian bisa menjadi solusi yang sempurna.

Namun, proses pemasangan gacun seringkali dianggap rumit oleh banyak orang. Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah sederhana dan praktis cara pasang gacun di TV LED kalian, sehingga kalian dapat menikmati kualitas audio yang lebih baik dalam waktu singkat.

Pengertian Gacun

Cara Pasang Gacun di TV LED
Cara Pasang Gacun di TV LED

Gacun merupakan perangkat elektronik yang memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bungkus korek api. Namun, jangan meremehkan kemampuannya karena meskipun kecil, perangkat ini sangat efektif dalam memperbaiki kerusakan seputar regulator daya atau power supply.

Dibuat berdasarkan rangkaian PWM, Gacun dianggap sebagai alternatif pengganti regulator konvensional. Selain itu, perangkat ini juga dikenal dengan sebutan switching karena memiliki bentuk model switching.

Biasanya, Gacun dipasang pada perangkat elektronik seperti TV tabung, TV LED, dan berbagai barang elektronik lainnya.

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, Gacun sangat praktis dan efektif dalam memperbaiki kerusakan pada perangkat elektronik tersebut.

Kegunaan Gacun

Cara pasang gacun di TV LED, jika diperhatikan dengan seksama, sebenarnya gacun tidak lebih dari sebuah rangkaian inverter. Gacun menggunakan IC 3842 sebagai driver osilatornya dan FET sebagai powernya.

Mengapa saya menyebut gacun hanya sebagai inverter? Hal ini karena saat tegangan melewati lilitan, akan selalu menghasilkan induksi yang diteruskan ke kaki kolektor FET. Benar, bukan?

Meskipun demikian, gacun tetap memiliki berbagai kegunaan lain yang sangat bermanfaat. Dengan penggunaan gacun, kalian dapat memperbaiki dan menghasilkan power supply switching pada berbagai perangkat elektronik, seperti televisi, monitor, VCD, DVD, dan DVB.

Selain itu, gacun juga memiliki manfaat seperti rangkaian yang sederhana, instalasi yang cepat, dan kinerja yang stabil.

Jadi, meskipun gacun pada dasarnya hanya sebuah rangkaian inverter, namun memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang berguna dalam dunia elektronik.

Cara Pasang Gacun Di TV LED

Terdapat beberapa jenis gacun yang dapat dibedakan berdasarkan jumlah kabelnya, yaitu gacun 3 kabel, gacun 4 kabel, dan gacun 5 kabel.

Gacun, yang juga dikenal sebagai modul power supply universal, merupakan rangkaian tiga kabel dengan koneksi sederhana yang dapat memberikan perlindungan terhadap gangguan dan tegangan berlebih, serta mencegah koneksi pendek dan kesalahan lainnya.

Selain itu, manfaat lain dari gacun termasuk rangkaian yang sederhana, pemasangan yang cepat, kinerja yang stabil, dan dapat diandalkan.

Gacun sangat cocok digunakan untuk memperbaiki dan menghasilkan power supply switching pada berbagai perangkat elektronik seperti televisi, monitor, VCD, DVD, DVB, dan sebagainya.

Berikut adalah langkah-langkah cara pasang gacun di TV LED atau instalasi gacun:

  1. Pertama-tama, copot Transistor / FET utama, lalu pasang modul gacun dan isolator dalam head sink (pendingin).
  2. Kemudian, hubungkan kabel Merah ke pad penyolderan pin C pada transistor switching (untuk FET pin D, Transistor pin C).
  3. Selanjutnya, hubungkan kabel hitam ke Ground utama dari televisi, atau solder pada pin transistor switching (untuk transistor pin E, FET pin S). Pastikan pin E negatif dari kapasitor 300 volt filter.
  4. Melepas beban horizontal dan hubungkan bola lampu 100 watt, lalu nyalakan televisi. Ini akan menyelaraskan volume pada modul untuk memperoleh tegangan output yang dibutuhkan, sementara output berliku lainnya secara otomatis akan mencapai nilai kebutuhan. Pada pabrik pembuatnya, modul telah diatur untuk tegangan mini, yang berbeda untuk setiap TV.
  5. Untuk kabel Biru, ini merupakan kabel off remote kontrol yang akan mematikan output jika dihubungkan ke hot ground. Jika televisi menggunakan optocoupler, kabel biru akan dihubungkan pada pin C optocoupler dan pin E optocoupler dihubungkan ke ground, sementara semua koneksi lainnya pada pin C dari optocoupler harus diputuskan. Pada TV yang menggunakan dua optocoupler, pin C dan pin E optocoupler harus dihubung secara paralel.
  6. Kabel biru juga berfungsi sebagai kawat tegangan penyelaras.
  7. Jika setelah modul diinstal terdapat gangguan, putuskan komponen lain pada pin C dari transistor switching dan sirkuit parallel terhubung R1 (22 ohm – 47 ohm / 3 – 5 watt) dan (470 pf – 1000 pf / 1 kv- 2 kv) pada sisi primer transformator switching.
  8. Jika modul tidak berfungsi setelah diinstal, periksa dioda penyearah primer dan sekunder dan kapasitor filter.
  9. Jika pada televisi terpasang rangkaian seperti STR6309 dan tegangan utama turun ketika menutup dan menyuplai tegangan ke CPU, lakukan setup sirkuit listrik tambahan pasokan ke CPU.
  10. Jika pada televisi terpasang power supply khusus dan tidak cocok untuk instalasi modul ini secara langsung, instal modul ini pada produk listrik lainnya dan kemudian pasang produk tersebut ke TV. Pastikan modul disesuaikan dengan tegangan terendah sebelum instalasi untuk menghindari kerusakan komponen tegangan tinggi.
  11. Jika setelah power off TV tidak dapat dihidupkan, periksa rangkaian power off apakah berfungsi dengan baik. Jika berfungsi dengan baik, sambungkan salah satu resistor antara B+ dan ground.

Alasan Mengganti SMPS Dengan Gacun

Pemasangan gacun di TV LED telah menjadi alternatif umum pengganti SMPS atau trafo switching, dengan alasan berikut:

  1. Penghapusan Nomor Komponen Trafo switching, terutama yang diproduksi di China, seringkali tidak memiliki nomor komponen atau nomor tersebut dihapus. Hal ini membuat pencarian solusi untuk perbaikan peralatan yang menggunakan trafo switching tersebut menjadi sulit.
  2. Ketersediaan Komponen yang Terbatas Beberapa komponen pada trafo switching seringkali sulit untuk ditemukan di pasaran lokal. Oleh karena itu, penggunaan gacun dianggap sebagai alternatif yang lebih praktis dan dapat diandalkan.
  3. Kerusakan Jalur pada Papan PCB Papan PCB bisa mengalami kerusakan serius akibat suhu komponen yang terlalu tinggi, yang dapat mengakibatkan jalur PCB menghangus atau bahkan terbakar.
  4. Kesulitan Menemukan Solusi Perbaikan Jika telah dilakukan penggantian seluruh komponen pada trafo switching tetapi masalah tetap ada, penggunaan gacun dianggap sebagai langkah perbaikan terakhir yang dapat diambil.

Itulah beberapa alasan mengapa gacun sering menjadi alternatif pengganti SMPS bawaan trafo switching. Namun, sebelum memutuskan untuk memasang gacun, pastikan kalian memahami tentang cara pemasangan dan penggunaannya dengan baik agar dapat menjamin keamanan dan kinerja optimal.

Menguji Tegangan PSU Setelah Dipasang Gacun

Setelah mengetahui cara pasang gacun di TV LED, penting untuk menguji tegangan PSU (Power Supply Unit) untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan tegangan keluaran sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menguji tegangan PSU setelah dipasang gacun:

  1. Persiapkan alat yang diperlukan, termasuk multimeter dan kabel penghubung yang sesuai.
  2. Pastikan TV atau perangkat lain yang terhubung dengan PSU dalam kondisi mati dan dikeluarkan dari sumber daya listrik.
  3. Hubungkan kabel penghubung multimeter ke pin keluaran PSU yang sesuai. Biasanya, tegangan keluaran yang umum untuk TV adalah 12V dan 5V.
  4. Nyalakan TV atau perangkat yang terhubung dengan PSU.
  5. Setelah perangkat dinyalakan, baca tegangan keluaran yang ditunjukkan oleh multimeter. Pastikan tegangan yang terukur sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada PSU atau sesuai dengan yang diharapkan.
  6. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menguji tegangan keluaran yang lain, jika perlu.
  7. Perhatikan apakah ada fluktuasi tegangan yang signifikan atau apakah tegangan berada di luar rentang yang diharapkan. Jika ada ketidaksesuaian atau fluktuasi yang signifikan, periksa kembali pemasangan gacun dan pastikan semua koneksi terhubung dengan benar.
  8. Jika semua tegangan keluaran sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ada masalah yang terdeteksi, kalian dapat menganggap pengujian PSU setelah dipasang gacun berhasil.

Menguji tegangan PSU setelah dipasang gacun penting untuk memastikan bahwa sistem berfungsi dengan baik dan memberikan tegangan yang stabil kepada komponen elektronik.

Penutup

Demikianlah pembahasan freshmagofficial.co.id mengenai cara pasang gacun di TV LED, penting untuk diingat bahwa memasang gacun tidak hanya meningkatkan kualitas audio TV kalian, tetapi juga menghadirkan pengalaman menonton yang lebih mendalam dan memuaskan.
Dengan penggunaan yang benar dan cara pasang gacun di TV LED yang tepat, kalian dapat menikmati setiap momen hiburan dengan suara yang lebih jernih dan detail.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasang gacun di TV LED kalian . Dengan memanfaatkan panduan ini, kalian dapat meningkatkan pengalaman menonton kalian dan menciptakan suasana hiburan yang lebih mengesankan di rumah kalian. Selamat mencoba!

Leave a Comment